oleh

Tahu Cibuntu Bandung Miliki Cita Rasa

Bandung, jurnalisnews.com

Kota Bandung memiliki banyak jenis kuliner yang bikin lidah bergoyang. Termasuk kuliner yang berbahan dasar kedelai yaitu tahu.

Salah satu tahu yang telah dikenal yaitu tahu Cibuntu. Tahu ini diproduksi di Kelurahan Warung Muncang, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung.

Para pelaku industri tahu di daerah ini sudah turun-temurun puluhan tahun yang lalu terhitung sejak tahun 60-an. Tidak heran jika daerah ini dikenal dengan nama Blok Tahu. Memang, di Kota Bandung untuk memberi ciri suatu lokasi penghasil produksi sesuatu, biasanya diberi nama blok ataupun tugu.

Salah Seorang Pengusaha Tahu, Koko mengatakan, dari kualitas pembuatannya, tahu Cibuntu. Sehingga rasa dari tahu Cibuntu terasa spesial. Setiap hari, Koko mengaku mengolah sekitar 9 ton kedelai menjadi tahu untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

“Saya sudah belasan tahun memproduksi tahu di sini. Saya ini generasi ke-3. Kami di sini sangat menjaga kualitas tahu yang enak sehingga selalu disenangi oleh konsumen. Kelebihan tahu Cibuntu ini tidak berbau, gurih alami. Hal ini karena dibuat secara manual dengan pengawasan ketat dan air yang digunakan untuk tahu Cibuntu ini berasal dari air sumur atau artesis yang berkualitas baik. Selain itu, tahu ini menggunakan pengawet alami yang berasal dari kunyit,” paparnya saat ditemui di tempat pembuatan tahu miliknya, Rabu (21/2/2018).

Koko mengakui, persaingan antara produsen tahu kini kian ketat. Banyak di antara para pedagang keliling yang kini juga beralih menjadi produsen dan memproduksi tahu sendiri dengan menyewa pabrik tahu untuk pembuatannya.

“Untuk persaingan, memang semakin ketat sehingga kami terus berlomba  untuk selalu menjaga cita rasa dan mempromosikan produk dengan menyuplai beberapa tempat yang strategis,” ucapnya.

Koko menilai, tahu Cibuntu telah memiliki tempat dan citra rasa tersendiri bagi pecinta tahu. Sehingga meski produksi tahu dari tempat lain bermunculan, tahu Cibuntu tetap tetap menjadi pilihan konsumen.

Ditemui tidak jauh dari lokasi pembuatan tahu, Salah Seorang Pecinta Tahu, Euis mengatakan, tahu Cibuntu merupakan makanan yang ia gemari bersama keluarganya. Selain ekonomis tahu Cibuntu memiliki rasa yang gurih yang enak di lidah.

“Tahu merupakan makanan kesukaan saya. Apalagi anak saya, sangat senang kalau dimasakan tahu goreng. Saya sudah lama mengkonsumsi tahu Cibuntu dan rasanya selalu sama, enak dan gurih,” akunya.

Sementara itu, Lurah Warung Muncang, Dede Junaedi menjelaskan, sentral industri tahu cibuntu ini sangat membantu perekonomian warga sekitar. Sebanyak 60 pengrajin terdata di Kelurahan Warung Muncang dengan omzet mencapai puluhan juta per bulan.

“Betul, tahu cibuntu sangat terkenal. Melalui sentral tahu juga perekonomian warga kita terus membaik. Maka dari itu, saya sebagai lurah selalu mengingatkan pengrajin untuk selalu menjaga kualitas rasa dari tahu tersebut,” tuturnya. (Red)

Komentar

TERBARU