oleh

SDN Kadupandak 3 Cianjur Harapkan Perhatian Pemerintah

Cianjur, Jurnalisnews.com

pendidikan adalah hal yang sangat vital bagi kemajuan suatu bangsa. Sebaik-baiknya suatu bangsa adalah bangsa yang sangat memperhatikan pendidikan baik formal maupun informal. Ini karena melalui pendidikan akan telahir generasi-generasi penerus bangsa yang cerdas baik jasmani maupun rohani. Di Indonesia sendiri pendidikan belum memperoleh perhatian yang serius dari pemerintah . Pemerintah memang telah meningkatkan anggaran pendidikan sebagai bentuk perhatian terhadap bidang pendidikan.

Sekalipun angaran pada bidang pendidikan jauh lebih besar di bandingkan dengan bidang lainnya, hal tersebut tidak menjamin meningkatnya kualitas  mutu pendidikan. Ini karena pada operasional di lapangan banyak terjadi penyalahgunaan atau pun alokasi pendanaan yang tidak sesuai. Atau bahkan terjadi ketidak merataan pendidikan antara satu daerah dengan daerah lainya. Pemerintah setempat seringkali memperhatikan sekolah yang lebih mudah di akses di bandingkan sekolah yang terletak di pedalaman yang relative sulit di akses. Tentu saja hal ini mengakibatkan ketidak merataan. Hal tersebut dialami oleh SDN Kadupandak 3 Cianjur  Desa Kadupandak, Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur.

Hodijah, S.Pd  selaku Kepala SDN Kadupandak 3 Cianjur   ketika ditemui Jurnalisnews.com di kantornya Senin (07/05/2018), mengemukakan, sekolah yang beliau pimpin kurang memperoleh perhatian dari pemerintah untuk perbaikan sarana ruangan kelas. Tidak hanya itu dikatakannya, Sarana olahraga pun kami membutuhkan, dan perlu penambahan Ruangan Kelas Baru (RKB) untuk lahan buat pembangunan juga sangat memadai tinggal realisasi dari Pemerintah Kabupaten Cianjur, harapnya. Memang dari segi fisik seperti gedung sekolah dan fasilitas pendukung sangat memadai, namun dari segi non fisik yaitu keadaan sumber daya manusia berupa guru dan peserta didik yaitu siswa. sebagian guru di SDN Kadupandak 3 Cianjur     masih berstatus honorer. Padahal banyak diantaranya yang sudah mengabdi sebagai tenaga Pendidik bertahun tahun. Namun hinga saat ini belum di angkat menjadi Pegawai Negri Sipil (PNS). Akibatnya kesejahteraan guru terutama yang masih berstatus honorer menjadi sangat kurang. Sedangkan dilihat dari segi peserta didik, cukup banyak akan tetapi keberadaan kelas lokal masih kurang sehingga perlu penambahan serta perlu perbaikan kelas.

Menurut analisis beliau, Letak SDN Kadupandak 3 Cianjur     sangat strategis berlokasi  tinggal di tata rapih dari segi pembangunannya sehingga lebih efisien sekolah tersebut. Yang terpenting kami menargetkan prestasi Anak di Bidang Akademik maupun Non Akademik bisa meningkat sehingga bisa mengharumkan nama baik sekolah. Beliau menyampaikan harapannya agar pemerintah melalui dinas terkait membantu sekolah yang dipimpinnya supaya dapat keluar dari pemasalahan kesejahteraan guru yang kurang karena masih honerer dan permasalahan kekurangan kelas, ujar Hodijah. (Ton/Red)

Komentar

TERBARU