oleh

Ikuti Program Kemendikbud, Disdik Kota Bandung Lakukan Pertukaran Kepala SD & SMP Negeri

Bandung, jurnalisnews.com

 

Menyikapi Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mencanagkan program pertukaran kepala sekolah. diperuntukkan pada sekolah-sekolah maju dan berpotensi maju dengan sekolah yang berada di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Elih Sudiapermana, didampingi oleh Kasi PTK SD/SMP Disdik Kota Bandung, Ahmad Taufan Hidayat, menanda tangani surat dukungan lakukan pertukaran Kepala SD dan SMP Negeri.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah. Bertempat di Hotel Ambhara Jakarta, Rabu (6/6/2018), pada kegiatan sinkronisasi dan koordinasi program pertukaran kepala sekolah.

Substansi program pertukaran kepala sekolah, meliputi penguatan tiga bidang tugas pokok kepala sekolah, yaitu 1. Manajerial. 2. Supervisi guru dan tenaga kependidikan serta 3. Pengembangan kewirausahaan.

Adapun tahapannya, terdiri dari: 1. Workshop ke-1, selama 4 hari (in 1) pembekalan kepala sekolah mitra dan imbas. 2. On the job learning (OJL) selama 7 hari, kepala sekolah imbas datang ke sekolah mitra. 3. Workshop ke-2 (in2) refleksi hasil OJL dan penyusunan rencana tindak lanjut (RTL) peningkatan mutu sekolah imbas. 4. Pendampingan kepala sekolah mitra ke sekolah imbas selama 7 hari. 5. Implementasi RTL di sekolah imbas selama tiga bulan. 6. Pendamping sekolah mitra setelah 3 bulan implementasi RTL. 7. Workshop hasil desiminasi selama 3 hari.

Kegiatan tersebut dimulai pada bulan Juli 2018, Disdik Kota Bandung sendiri akan mengutus tiga Kepala SD Negeri dan dua Kepala SMP Negeri, sebagai sekolah mitra, yaitu:

  1. Ihat Solihat, Kepala SDN 196, Sukarasa dengan sekolah imbas SDN 15 Fanfan Lap Raja Ampat, Papua Barat
  2. Susi Susilawati, Kepala SDN 243, Cicabe dengan sekolah imbas SDN Perumnas Sumberker Biak Numfor Papua
  3. Ana Karyana, Kepala SDN 164 Karangpawulang dengan sekolah imbas SDN Buni Jaya Kab. Cianjur
  4. Agus Deni, Kepala SMPN 2 Kota Bandung dengan sekolah imbas SMPN 2 Teluk Bintuni, Papua Barat
  5. Ujang Wihatma, Kepala SMPN  5 Kota Bandung, dengan sekolah imbas SMPN 12 Sorong, Papua Barat. (Red)

Komentar

TERBARU