oleh

Seluruh OPD di Jabar, Disdik jadi Acuan Pengelolaan Aduan

jurnalisnews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menggandeng Bandung Advisory Group (B_Trust) guna memaksimalkan pengelolaan dan layanan pengaduan di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) tingkat Jabar. Pada proses pelaksanaannya, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar menjadi acuan pembentukan unit pengelolaan pengaduan bagi seluruh OPD di Jabar.

Perwakilan B_Trust sekaligus pendamping teknis di Jabar, Aji Nugraha menjelaskan, hal tersebut tak lepas dari komitmen yang dibuat Sekdisdik Jabar, Firman Adam. Ia mengungkapkan, saat assesment yang dilakukan pada Januari 2018 di Gedung Sate, ada empat OPD yang akan menerima sosialisasi awal mengenai pengelolaan pengaduan. Yakni Disdik Jabar, Dinas Kesehatan, RSUD serta Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu.

“Saat kami tanya kira-kira OPD mana yang siap, Pak Firman Adam langsung mengatakan, ‘Disdik dulu besok jam sekian langsung datang ke kantor.’ Ini menunjukkan komitmen yang bagus hingga akhirnya Disdik jadi pilot project pengelolaan pengaduan ini,” ujar Aji, dalam kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Pengaduan dan Penerapan SP4N LAPOR! di Lingkungan Pemprov Jabar yang digelar di Aula Inspektorat Jabar, Jln. Surapati No. 4, Kota Bandung, Senin (30/9/2019).

Sejauh ini, Aji menilai, pengelolaan pengaduan di Disdik Jabar sudah berjalan baik. Tinggal ke depan diharapkan mampu merumuskan cara menerapkan pengelolaan pengaduan bagi kegiatan besar yang dimiliki Disdik. Seperti, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sementara itu, Liasson Officer/Pejabat Penghubung sekaligus pengawas aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) dari Disdik Jabar, Abur Mustikawanto menjelaskan, berhasilnya penerapan pengelolaan pengaduan di Disdik Jabar tak lepas dari kegiatan-kegiatan berskala besar yang dilaksanakan Disdik yang memang harus menyediakan ruang pengaduan bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, kegiatan seperti PPDB ini selesai dengan happy ending. Kita melayani sampai ribuan pengaduan. Ini juga tak lepas dari pendampingan yang dilakukan oleh B_Trust,” ungkapnya.

Abur pun mengapresiasi upaya yang dilakukan B_Trust guna memaksimalkan pelayanan pengelolaan pengaduan di seluruh OPD.

“B_Trust sangat terarah karena rel koordinasinnya jelas, kalau aduan itu harus apa dan bagaimana. Standarnya pun bertaraf internasional,” tutupnya.

Komentar

TERBARU